jump to navigation

MANEJEMEN PERKANTORAN SEKOLAH Oktober 12, 2010

Posted by smansa wirosari office in PENDIDIKAN.
trackback

Kantor tata usaha khususnya dalam suatu lembaga pendidikan formal, merupakan bagian terpenting dari komponen yang tidak dapat dipisahkan di lingkungan sekolah. Keberadaan tenaga administrasi sekolah (TAS) sangat diperlukan untuk mengatasi pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi sekolah. Kantor tata usaha bagian dari lembaga pendidikan dan sebagai lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang efektif. Keefektifan kerja akan tercapai apabila pegawai tata usaha mengerjakan tugas-tugasnya secara sungguh-sungguh disertai semangat kerja dan tanggung jawab.

Fokus penelitian tentang: (1) bagaimana manajemen perkantoran di SDN Percobaan 1 Malang yang terdiri dari (a) perencanaan; (b) pengorganisasian; (c) penggerakan; (d) pengawasan; (2) bagaimana keefektifan kinerja tenaga administrasi sekolah di SDN Percobaan 1 Malang; (3) bagaimana keefektifan manajemen perkantoran di SDN Percobaan 1 Malang.

Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi ini terletak di jalan Magelang No. 4 Malang. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci, dengan subjek penelitian kepala sekolah, bendahara sekolah, bendahara komite sekolah, dan staf tata usaha. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan, direduksi apabila tidak relevan dengan fokus penelitian, dianalisis guna menyusun dan mengasbstraksikan, serta menyimpulkan temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan: (1) memperpanjang kehadiran peneliti dilapangan; (2) triangulasi sumber; (3) member check; (4) berusaha menyajikan hasil secara lengakap dan rinci; (5) pengumpulan data dengan tidak mengandalkan pihak lain; (6) pemeriksaan oleh auditor yaitu dosen pembimbing penulisan skripsi.

Kesimpulan penelitian ini meliputi: (1) manajemen perkantoran yang terdiri dari (a) perencanaan program kerja perkantoran direncanakan setiap akhir tahun pelajaran dan disesuaikan dengan masing-masing tugasnya. sekolah memfokuskan program jangka pendek yaitu perencanaan rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS); (b) Dalam menyusun struktur organisasi kepala sekolah yang menentukan kriterianya yaitu sesuai dengan keprofesionalannya dan jurusannya. Sekolah memberikan fasilitas komputer untuk masing-masing tenaga administrasi guna memperlancar pekerjaan; (c) kepala sekolah selalu memberikan arahan/penggerakan kepada pegawainya untuk mengajak bekerjasama dan memberikan motivasi agar para ipegawai lebih bersemangat dalam bekerja; (d) kepala sekolah mengadakan pengawasan rutin setiap bulan dan dimana perlu, pengawasan tersebut meliputi pembukuan dan laporan keuangan. Pengawasan dilakukan agar membantu para pegawai untuk mengetahui tingkat kinerja yang diharapkan dan meningkatkan produktivitas. (2) keefektifan kinerja tenaga administrasi di SDN Percobaan 1 Malang yaitu menggunakan waktu secara efektif dan efisien, karena semua pekerjaan dikerjakan secara tepat waktu dan mempunyai target tugas pekerjaan yang diselesaikan. (3) keefektifan manajemen perkantoran di SDN Percobaan 1 Malang meliputi: (a) perencanaan program kerja perkantoran dibuat pada libur semester II menjelang akhir tahun. Seluruh stakeholder yang ada misal kepala sekolah, staf tata usaha, guru, dan komite sekolah bisa mengusulkan pembelian barang-barang apa yang bisa meningkatkan proses belajar mengajar, (b) terciptanya kerja yang efektif maka para pegawai yang ada di dalam organisasi akan berusaha untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam penyelesaian tugas dan pekerjaan, (c) memberikan pengarahan atau penggerakan yang efektif dengan pembagian kerja yang jelas disertai dengan motivasi atau dukungan dan mengarahkan kerja yang sebaik-baiknya, (d) dilakukan pengawasan rutin setiap bulan oleh kepala sekolah dengan cara tidak formal sehingga bisa menciptakan hubungan kekeluargaan, nyaman dan tentram.

Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi: (1) Kepala SDN Percobaan 1 Malang diharapkan dalam perencanaan program kerja perkantoran dibuat secara rinci seperti progam tahunan yang lain, selain itu juga diharapkan membuat bagan struktur organisasi untuk kantor tata usaha hal ini agar memudahkan untuk mengkoordinasikan terhadap bawahanya; (2) Tenaga administrasi di SDN Percobaan 1 Malang diharapkan tetap meningkatkan kemampuan dan semangat kinerja yang dimiliki serta tidak merasa cepat puas dengan keadaan yang dimiliki sekarang; (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang agar menginformasikan hasil penelitian ini kepada mahasiswa, sehingga dapat menginspirasi mahasiswa untuk meneliti hal yang berkaitan dengan keefektifan manajemen perkantoran terhadap kinerja tenaga administrasi sekolah dengan lebih baik, (4) bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan referensi untuk mengembangkan penelitian sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat yang lebih mendalam.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: